Header Ads

Spaceiklan

Galaksi Andromeda, Tetangga Galaksi Kita

Galaksi andromeda
sumber gambar: https://www.infoastronomy.org/

Halo pembelajar, kali ini saya akan sharing tentang galaksi andromeda yang menjadi tetangga kita nih galaksi andromeda. Ohya jika kamu belum tahu tentang apa itu galaksi silahkan lihat disini.

Sebelum masuk pembahasan, silahkan like dulu fanpage belajar IPA dan grup sharing IPA. Oke lanjut..

Galaksi Andromeda (nama lain, Messier 31 dan NGC 224) adalah sebuah galaksi spiral yang berjarak kira-kira 2,5 juta tahun cahaya dari bumi. Galaksi ini merupakan salah satu galaksi di luar galaksi Bima Sakti yang dapat dilihat dengan mata telanjang pada malam yang cerah, tanpa bulan, dan tanpa polusi cahaya.

Strukturnya mirip dengan galaksi Bima Sakti yaitu berbentuk spiral. Jaraknya sekitar 2,5 juta tahun cahaya. Letaknya di langit adalah di belahan langit utara, sekitar 41 derajat di sebelah utara khatulistiwa langit. Galaksi ini dapat diamati di bulan September, Oktober, dan November.

Dengan mata telanjang, galaksi ini tampak seperti kabut tipis kecil di langit utara. Namun, jika diamati dengan teropong yang dapat menampakkan bintang-bintang redup di tepian galaksi Andromeda, ukurannya bisa lebih dari 7 kali diameter sudut bulan. Galaksi ini berisi sekitar 1 triliun bintang dan bergerak mendekati Bima Sakti dengan kecepatan sekitar 300 km/detik.

Jaraknya sekitar 2,5 juta tahun cahaya. Galaksi ini berisi sekitar 1 triliun bintang, dan bergerak mendekati Bima Sakti dengan kecepatan sekitar 300 km/detik.

PA-99-N2 adalah sebuah peristiwa mikrolensa gravitasi yang terjadi di galaksi Andromeda pada tahun 1999. Salah satu penjelasannya adalah sebuah bintang (yang memiliki massa setengah dari matahari) melensakan sebuah raksasa merah.

Peristiwa ini mengungkapkan adanya sebuah planet mirip Jupiter pada raksasa merah tersebut. Jika ini terkonfirmasi, maka planetnya akan menjadi planet pertama yang ditemukan di luar Galaksi Bimasakti. Namun, studi selanjutnya menunjukkan terdapat anomali pada peristiwa ini.

Sumber

  1. http://id.wikipedia.org/wiki/Galaksi_Andromeda
  2. http://en.wikipedia.org/wiki/Andromeda_Galaxy

No comments