Header Ads

Pasang iklan disini, berpotensi dilihat banyak orang

3 Cara Kreatif dan Menyenangkan Belajar Anatomi Tubuh Manusia

BelajarIPA.com - Anatomi tubuh manusia adalah ilmu yang mempelajari struktur tubuh manusia. Dalam pembelajaran dikelas, perlu adanya media yang menyenangkan dalam menyampaikan materi ini. Tahukah teman BelajarIPA bahwa ada guru yang menyampaikan materi anatomi tubuh manusia dengan cara yang kreatif.

Berikut orang-orang yang menciptakan Cara Belajar Anatomi dan Fisiologi Paling Kreatif 

Cara Kreatif #1, Via Debby Heerkens

Ada yang berbeda meneganai gaya mengajar seorang guru di Groene Hart Rijnwoude School, Belanda.
belajar anatomi fisiologi manusia
Sumber image: Petnyaku.com\


Guru yang bernama Debby Heerkens tersebut mengajar mata pelajaran Biologi dengan cara yang kreatif dan tidak pernah terfikirkan oleh sebagian orang. Debby mengajarkan ilmu anatomi dan fisiologi kepada muridnya dengan menggunakan pakaian tipis yang bergambar organ-organ tubuh manusia.
Inspirasi ini Ia dapatkan ketika melihatseseorang menggunakan celana legging bergambar anatomi tubuh manusia, tanpa ragu ia meminta ijin pada kepala sekolah untuk mengenakan kostum tersebut di saat mata pelajarannya.
Baju tersebut sengaja Ia kenakan karena ingin mengganti cara lama yang menggunakan alat peraga dan ingin lebih meningkatkan pemahaman materi yang diterima siswa. Dengan menggunakan baju bergambar organ tubuh, ingatan siswa akan tahan lama dan mudah untuk mengingat.
Aksi Debby saat membuka baju di atas meja kelas pun diunggah ke situs Youtube oleh akun Omroepwest dengan judul 'Lerares Groene Hart Rijnwoude trekt kleren uit voor de klas tijdens biologieles'.
Ini videonya

Video belajar anatomi via Debby Heerkens

Cara Kreatif #2, Via Andriawan Hendra Susila, Afiqie Fadhihansah, Billy Novanta Yudistira, Akhiyan Hadi Susanto dan Nurona Azizah

Cara yang satu ini tidak kalah kreatif dan inspiratif seperti diatas. Maraknya permainan mobile dan gadget yang semua orang memilikinya menjadi inspirasi lima mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) membuat game untuk belajar Anatomi.
belajar anatomi via game  Sobotaire
sumber image: news okezone


Lima mahasiswa tersebut Adalah Andriawan Hendra Susila (Ilmu Keperawatan 2008), Afiqie Fadhihansah (Teknik Informatika 2010), Billy Novanta Yudistira (Teknik Informatika 2010), Akhiyan Hadi Susanto (Keperawatan 2008) dan Nurona Azizah (Keperawatan 2008).


Secara garis besar game tersebut mengambil konsep permainan Solitaire yang populer pada tahun 90 an. Afiqie menjelaskan, seperti halnya Solitaire, satu set kartu dalam Sobotaire juga berisi 52 kartu. Kartu-kartu itu terbagi dalam 12 sistem di antaranya osteologi, musculoskeletal, cardiovascular, neurologi dan digestive. Afiqie dan tim menggunakan Sobotta sebagai referensi penyusunan game atlas anatomi ini.

Cara Kreatif #3, Via Aplikasi Essential Anatomy

Jika anda penguna Ios/Mac maka ada sebuah aplikasi yang bisa anda unduh untuk belajar anatomi dan fisiologi manusia. Aplikasi Essential Anatomy telah rilis Februari 2014 untuk iPad tetapi kini pihak developer memberikan update versi 2.0 dengan berbagai fitur tambahan, termasuk dukungan untuk iPhone dan Mac.
aplikasi belajar anatomi
sumber image: gopego
Dengan Essential Anatomy, tidak saja Anda memberikan hadiah bagi anak Anda tetapi sekaligus mengajaknya belajar dengan cara yang sangat menyenangkan melalui iPhone, iPad ataupun komputer Mac. Belajar dan menghapalkan nama tulang, otot, jaringan, nadi dan arteri tidak lagi membosankan dan sulit jika dilakukan via Essential Anatomy.
Jadi tunggu apalagi? Berikan kejutan bagi putra-putri Anda sebagai persiapan masuk sekolah dengan Essential Anatomy yang telah tersedia di App Store ($29,99) dan Mac App Store ($33,99) (gopego)
Ini videonya

Demikian 3 Cara Kreatif dan Menyenangkan Belajar Anatomi Tubuh Manusia, semoga bermanfaat teman-teman.

Baca juga: Pengertian Ascomycota: Ciri Ciri, Habitat, Cara Reproduksi, Serta Contoh Jamur Ascomycotina