Header Ads

Spaceiklan

Sistem Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup

Sistem Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup:  Jaringan dan  Organ-organ pada Hewan dan Tumbuhan, serta Sistem Organ dan Organisme

Jaringan-jaringan pada Hewan dan Tumbuhan
Setiap sel suatu organisme memiliki ukuran  yang bervariasi. Ukuran sel mencerminkan fungsi  yang dilakukan sel bersangkutan. 

Semua fungsi  hidup organisme bersel satu dilakukan oleh sel tunggal itu sendiri. Pada organisme bersel banyak, seringkali sel tidak dapat bekerja sendiri. Setiap sel bergantung kepada sel yang lain. 

Kerja sama dan interaksi di antara sel ini menyebabkan organisme dapat mempertahankan hidupnya. Selsel yang mempunyai fungsi dan bentuk sama akan berkelompok. Kelompok sel disebut jaringan.

Tumbuhan mempunyai bermacam-macam jaringan. Jaringan pembuluh kayu ( ) berfungsi mengangkut air dan unsur hara dari akar ke daun, sedangkan jaringan pembuluh tapis ( ) mengangkut zat makanan dari daun ke seluruh tubuh tumbuhan. 

Hewan maupun manusia mempunyai bermacam-macam jaringan juga. Ada jaringan epitel, jaringan otot, jaringan tulang rawan, jaringan saraf, dan sebagainya.

baca juga: Sel Unit Terendah: Eukariotik, Prokariotik
Organ-organ pada Hewan dan Tumbuhan

Pada waktu pengamatan jaringan tumbuhan, kamu perlu memotong salah satu bagian tumbuhan, misalnya daun. Di dalam daun, ternyata ada beberapa macam jaringan. 

Kumpulan dari beberapa macam jaringan yang berbeda akan membentuk satu kesatuan untuk melakukan fungsi tertentu disebut organ.

Sistem Organ dan Organisme

Kamu sudah menemukan bermacammacam organ yang terdapat pada tumbuhan dan manusia. Beberapa organ yang bekerja sama untuk melakukan fungsi kerja tertentu disebut . 


No comments